Ini Dia Faktor Penyebab Karburator Motor yang Cepat Rusak

73 views

Kerusakan yang sering kali terjadi pada karburator motor yaitu terjadinya kebocoran yang ada di dalamnya, sehingga pada kerusakan yang semacam inilah yang menjadikan sistem kerja dari kendaraan tidak dapat bekerja dengan maksimal dan kendaraan pun juga tidak memiliki performa kerja yang baik pula. Sehingga pentingnya bagi Anda untuk melakukan perawatan pada karburator kendaraan Anda dengan sebaik mungkin sebelum terjadinya kerusakan, karena pada dasarnya kerusakan ini terjadi karena kurangnya perawatan yang dilakukan oleh para pemilik kendaraan, sehingga sebelum karburator kendaraan Anda mengalami kerusakan, maka ada baiknya jika Anda melakukan perawatan dengan cara yang tepat.

Bagi Anda yang masih awam dalam dunia ottomotif tentunya akan sedikit mengalami kesulitan dalam mengatasi akan hal ini. Akan tetapi Anda tidak perlu merasa khawatir akan hal ini jika memang Anda tidak mengetahui pada dunia ottomotif, karena Anda dapat menggunakan jasa bengkel untuk bisa memperbaiki pada kendaraan Anda yang mengalami kerusakan pada bagian karburatornya. Tidak perlu merasa khawatir, karena apapun permasalah yang terjadi tentunya akan jalan keluar yang dapat untuk Anda lakukan dalam mengatasinya.

Sedangkan untuk bagian karburator motor yang sering kali mengalami kebocoran ini pun disebabkan karena bagian needle valve tidak tertutup dengan sempurna. Padahal untuk bagian bawah karburator memiliki ruang pelampung yang sangat berguna dalam menampung bensin dengan sementara dan di dalamnya pun juga ada pelampung yang sudah terhubung pada needle valve yang mana untuk bagian ini memiliki fungsi untuk menutup serta membuka pada aliran bensin yang ada dari tangki karburator. Dengan begitu maka pada saat bensin berada di ruang penampung berkurang, maka akan secara otomatis bagian needle valve ini akan membuka bensin dan dapat mengalir.

Apabila Anda sudah mengetahui dari penyebab karburator kendaraan yang bocor, maka ada baiknya jika Anda juga mengetahui pada tata cara dalam mengatasi permasalahan yang seperti ini, dengan begitu maka Anda dapat untuk memperbaiki dan mengatasi hal ini dengan baik tanpa merasa khawatir. Berikut ini caranya:

  1. Lepas karburator yang ada dari silinder head, untuk melakukannya maka Anda dapat meminta bantuan dari orang yang jauh lebih berpengalaman, karena pada setiap kendaraan tentunya memiliki cara yang berbeda-beda.
  2. Kemudian lepas pada keempat baut yang ada pada bagian bawah.
  3. Lepas pada pelampung yang terbuat dari bahan plastik, jangan lupa untuk menarik keluar pada sinfiknya
  4. Kemudian stel dengan cara membengkokan ke atas sedikit.
  5. Kemudian pasang kembali pada pelampung dan needle valve, kemudian cek dengan cara meniup lubang masuk yang terhubung dengan selang bensin, gerakan ke atas dan ke bawah.

Meskipun cara memperbaiki bagian karburator yang bocor harus dilakukan oleh orang-orang yang professional dalam bidangnya, namun tidak ada masalahnya jika Anda ingin melakukan perbaikannya sendiri atau bahkan Anda hanya ingin menambah wawasan Anda. Namun yang pasti jika Anda tidak mengetahui tata cara dalam memperbaikinya, maka ada baiknya jika Anda meminta bantuan pada orang yang jauh lebih ahli dalam bidangnya.

Apabila Anda memperbaiki bagian karburator motor yang mengalami kebocoran tanpa dengan cara yang benar dan tepat tentunya hal ini dapat menyebabkan Anda kebingungan dalam memperbaikinya serta hal ini justru akan menimbulkan kerusakan pada bagian yang lainnya, sehingga hal inilah yang menjadikan diri Anda harus memperhatikan hal ini dengan sebaik mungkin pada saat mengatasi kebocoran pada karburator.