9 Tips Membeli Ponsel Secara Online Dengan Aman

38 views

SteamLeaks.Net – 9 Tips Membeli Ponsel Secara Online Dengan Aman, 9 Tips Membeli Ponsel Secara Online Dengan Aman

9 Tips Membeli Ponsel Secara Online Dengan Aman

Tips Aman Membeli Ponsel Secara Online — Berbicara mengenai masyarakat yang ada di Indonesia, maka saat ini semakin tinggi tingkat ketertarikan untuk berbelanja barang kebutuhan secara online, walaupun memang berbeda dengan negara maju lainnya, saat ini di Indonesia memang tidak semua jenis barang sudah support untuk dibelanjakan secara online. Adapun barang yang paling sering dibeli secara online adalah barang-barang elektronik seperti DVD, laptop, televisi, hingga ponsel atau smartphone.

9 Tips Membeli Ponsel Secara Online Dengan Aman
9 Tips Membeli Ponsel Secara Online Dengan Aman

Dan sekarang ini pembelian ponsel secara online sudah semakin sering dilakukan, akan tetapi timbul masalah dimana terjadi spekulasi negatif, walaupun banyak yang mengatakan pembelian ponsel secara online memiliki keuntungan tersendiri, karena pembeli tidak harus capek-capek pergi ke tepat beli atau toko ponsel. Tetapi dengan rentetan kejadian yang cukup marak terjadi, sehingga muncul pendapat bahwa membeli ponsel secara online akan punya resiko tinggi yang dapat merugikan pembelinya.
Terdapat hal-hal yang penting diperhatikan oleh calon pembeli ponsel baru via online, pentingnya mencari toko online yang baik dalam membangun kepercayaan, keamanan dan kepuasan para pembelinya. Berikut di bawah ini beberapa tips aman untuk membeli ponsel atau smartphone secara online:
1. Perhatikan kredibilitas website toko online.
Seperti dikatakan sebelumnya, pentingnya mencari toko online yang terpecaya, yang menjadi modal utama dalam kegiatan transaksi jual beli barang secara online. Dimana memang antara pembeli dan penjual tidaklah saling kenal, yang dengan begitu resiko penipuan cukup besar. Sehingga amat penting sebelum membeli ponsel maka cek dahulu kredibilitas toko online yang Kamu ingin bertransaksi disana, Kamu bisa mencari informasinya di situs jejaring sosial bersama teman-teman, di tempat forum diskusi, ataupun dengan berkumpul antar sesama penyuka gadget, baik secara online maupun langsung bertemu.
Sehingga penting untuk memastikan situs belanja online punya reputasi yang baik, termasuk akun penjual online yang bersifat individu juga harus memiliki reputasi yang baik. 
2. Mudah untuk dihubungi
Tentunya dalam bertransaksi, maka si penjual dari HP yang ingin kita beli, harusnya bersedia untuk dihubungi oleh pembeli, baik itu via email, telepon, SMS, chatting, BBM, dan media-media lain. Sehingga dengan adanya komunikasi yang baik, bukan hanya pada saat itu saja, tetapi sesudah transaksi juga tetap saling berkomunikasi, maka ini sangat baik untuk membangun kredibilitas si penjual.
3. Jaminan tentang keaslian handphone.
Membeli handphone yang original, maka perlu sedikit pengetahuan tentang merek, type, spesifikasi, fitur serta kondisi suatu handphone, sehingga sebagai pembeli ponsel dengan merek dan tipe tertentu, maka amat penting sebelumnya mengumpulkan informasinya, baik itu dari internet (portal web), buku, majalah dan lainnya.
4. Penting untuk tanya-tanya seputar informasi produk
Sebagai pembeli, maka ketika menghubungi pihak penjual maka dapat menanyakan tentang kondisi barang, fitur-fiturnya dan banyak hal lainnya, sehingga membuat kita dapat lebih merasa aman dan nyaman dalam membeli suatu barang secara online.
5. Garansi pembelian handphone.
Pada setiap transaksi pembelian ponsel / smartphone maka tentu memiliki garansi resmi, baik itu garansi dari pabrik pembuatnya ataupun garansi toko. Dimana untuk  garansi dari pabrik dapat berlaku selama 2 tahun sejak tanggal pembelian umumnya, dan garansi toko antara 6 bulan sampai 1 tahun. Tetapi usahakan  garansi merek dagang ponsel, adalah garansi dari pabriknya langsung, bukan garansi dari toko.
6. Hindari membeli Ponsel baru yang ditawarkan di media sosial
Karena dikhawatirkan media sosial ini menjadi wadah baru untuk pelaku kejahatan dalam melancarkan keburukannya tersebut,  curigailah pada harga yang terlalu mudah, yang ditawarkan di media sosial. Jangan sampai tergiur dengan diskon besar-besaran yang tidak masuk akal, tetapi barang yang diperdagangkan adalah palsu, bahkan tidak dikirim.
7. Penting untuk memastikan bahwa ponsel yang ingin dibeli tidak cacat, sehingga Kamu perlu mengetahui informasi tentang proses pengembalian produk, ketika ditemukan ponsel yang datang ternyata dalam keadaan cacat.
8. Penting juga mencari informasi tentang lamanya waktu pengiriman produk handphone hingga sampai ke tempat Kamu, sehingga untuk mengantisipasi jika ada yang tidak beres, seperti ketika barang yang ditunggu belum sampai-sampai juga, padahal sudah melewati batas waktu sampainya yang dijanjikan.
9. Kamu harus mengetahui, dan kalau bisa catat kontak yang dapat dihubungi, ketika terjadi sesuatu yang diluar dugaan. Atau kamu bisa sekalian mengetahui alamat toko yang menjual barang secara online tersebut, atau kantornya. Kemudian Kamu dapat mengecek keaslian alamat tersebut, dengan bantuan peta buatan Google, yang didalamnya terdapat fitur yang sangat lengkap.
Semoga bermanfaat.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  9 Tips Membeli Ponsel Secara Online Dengan Aman, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  9 Tips Membeli Ponsel Secara Online Dengan Aman berguna untuk anda.