9 Cara Mengatasi Laptop Cepat yang Panas

282 views

SteamLeaks.Net – 9 Cara Mengatasi Laptop Cepat yang Panas, 9 Cara Mengatasi Laptop Cepat yang Panas

9 Cara Mengatasi Laptop Cepat yang Panas

Cara mengatasi laptop cepat panas — Sebagai pengguna laptop ataupun perangkat semisalnya seperti notebook dan lainnya, tentunya kita ingin perangkat laptop milik kita tersebut dapat berjalan dengan lancar, baik pada masalah hardware maupun perangkat lunaknya, kita ingin agar laptop memiliki peforma dan kecepatan yang bagus, dan hal-hal baik yang telah disebutkan diatas akan hilang ketika laptop , notebook dan perangkat semacamnya mengalami panas yang tidak normal, yaitu terlalu cepat panas.

9 Cara Mengatasi Laptop Cepat yang Panas
9 Cara Mengatasi Laptop Cepat yang Panas

Ketika laptop kepanasan maka akan membuat laptop menjadi lambat dan menurun performanya. Nah, penyebab dari laptop yang mengalami kepanasan ini karena ada hal-hal yang tidak baik tentunya, seperti perilaku ketika menggunakan laptop, pengguna menggunakan laptop dengan meletakannya di kasur misalnya, maka hal ini akan membuat laptop menjadi cepat panas, sehingga sangat berbahaya untuk komponen dan data-data yang ada di dalam laptop dapat mengalami kerusakan atau hilang.

Cara Mengatasi Laptop Cepat yang Panas

Demikian juga penggunaan laptop dengan meletakannya di paha maka sangat rentan membuat laptop terguncang bahkan jatuh, selain juga meletakan laptop di paha sangat berbahaya untuk kesehatan Kamu, karena sangat rentan terkena radiasi dari laptop tersebut. Berikut di bawah ini beberapa cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi laptop yang cepat panas

1. Membersihkan laptop dengan rutin

Sebagai pemilik laptop, maka sudah sepantasnya kita membersihkan laptop milik kita sendiri, dengan membersihkan laptop maka bermanfaat untuk menghilangkan debu-debu yang menghambat pada lubang sirkulasi udara pada laptop. Dengan laptop yang bersih, termasuk pada bagian sirkulasi udara yang bersih maka akan membuat udara menjadi lebih lancar bersirkulasi sehingga laptop dapat terhindar dari udara panas yang mengumpul di dalam laptop.

2. Menggunakan Cooling Pad

Colling Pad ini termasuk alat tambahan yang juga cukup panting keberadaannya karena memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya panas berlebih pada laptop. Alat ini dinilai banyak orang cukup penting keberadaannya pada laptop, yaitu ketika Kamu menggunakan laptop, dengannya maka dapat meminimalisir atau mengurangi panas yang berlebih pada laptop, sehingga dengan begitu komponen pada laptop dapat lebih aman dan panjang umur penggunaannya.

3. Usahakan alas laptop adalah bidang datar

Kebiasaan yang kurang biak dalam menggunakan laptop yaitu dengan menggunakannya di atas kasur, bantal, selimut, dan tempat yang empuk lainnya serta permukaannya tidak rata, dimana tempat seperti itu akan membuat laptop menjadi cepat panas, hal itu karena permukaan empuk akan rentan menjadi panas, dimana tempat empuk seperti bantal akan menyerap panas dari laptop, akan tetapi setelahnya tentunya mengembalikannya pada laptop, karena laptop menempel padanya.

Sehingga dengan keadaan yang panas seperti ini akan memberikan resiko kerusakan pada komponen karena kepanasan. Kemudian juga menyebabkan sirkulasi panas tidak dapat terhantar dengan baik, untuk itu hendaknya meletakan laptop ketika menggunakannya pada tempat seperti meja ataupun lantai ubin yang dingin kalau bisa jika Kamu ingin menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama.

4. Mengecek pengaturan pada BIOS

Kamu juga dapat mengecek setting / pengaturan yang ada pada BIOS, atau lebih mudahnya dapat mendownload berbagai software yang memiliki kegunaan untuk setting power laptop, contohnya seperti software Speedfan yang berguna untuk melakukan kontrol pada suhu drive, prosesor dan komponen lainnya.

5. Periksa kipas atau fan

Kemudian juga periksa kipas atau fan, pastikan masih berputar, karena jika tidak berputar, maka panas di dalam laptop tidak dapat sempurna untuk dikeluarkan dari laptop, atau buruknya yaitu jauh dari kata sempurna.

6. Bersihkan Kipas Heatsink

Apabila laptop sudah digunakan bertahun-tahun maka debu disana akan numpuk pada kipas dan heatsink, kotoran debu tersebut dapat dikatakan berbahaya karena menghalangi hembusan udara panas yang ingin keluar dari laptop, untuk itu jangan ragu-ragu dan jangan malas untuk membersihkannya.

7. Suhu Ruangan

Hal eksternal yang membuat laptop panas mungkin karena suhu ruangan yang juga panas, dimana tampaknya suhu ruangan mempengaruhi tingkat panas laptop, selain itu juga hindari berbagai benda yang berada di dekat laptop, yang dapat menghambat proses sirkulasi pada laptop.

8. Istirahatkan laptop

Hal yang terakhir ini adalah hal yang umum, dimana hindari menggunakan laptop hingga seharian penuh, karena seperti halnya manusia bahwa laptop juga butuh beristirahat. Untuk itu jika Kamu memang sedang sangat sibuk untuk harus lama menggunakan laptop, maka Kamu dapat dengan menggunakan laptop selama dua jam, lalu mematikannya selama 30 menit, begitu seterusnya maka laptop menjadi terhindari dari panas berlebih.

9. Hindari menggunakan laptop dengan meletakannya di tempat Lunak

Hal yang penting diketahui adalah hindari menggunakan laptop dengan meletakannya di tempat lunak (dalam keadaan laptop hidup), tempat lunak tersebut seperti bantal, kasur dan sofa. Dilarang menggunakan laptop disana karena itu akan membuat laptop cepat panas.
Demikian penjelasan tentang cara mengatasi laptop yang cepat panas, semoga bermanfaat.

Baca juga:

  • Cara-cara Mempercepat Booting OS Windows
  • Tips Membuat Komputer Lebih Cepat dan Stabil

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  9 Cara Mengatasi Laptop Cepat yang Panas, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  9 Cara Mengatasi Laptop Cepat yang Panas berguna untuk anda.