8 Tips Menghemat Listrik pada Monitor Komputer & Laptop

45 views

SteamLeaks.Net – 8 Tips Menghemat Listrik pada Monitor Komputer & Laptop, 8 Tips Menghemat Listrik pada Monitor Komputer & Laptop

8 Tips Menghemat Listrik pada Monitor Komputer & Laptop

Menghemat listrik pada monitor komputer & laptop — Untuk Kamu yang mungkin pernah, bahkan sering meninggalkan monitor dengan keadaan menyala saat beraktifitas, seperti ketika ingin mendownload suatu file atau video yang ukurannya besar, maka membutuhkan waktu sekitar setengah jam, 1 jam bahkan 2 jam, karena ukuran file yang ingin didownload hingga ukuran GB.

8 Tips Menghemat Listrik pada Monitor Komputer & Laptop
8 Tips Menghemat Listrik pada Monitor Komputer & Laptop

Dimana meninggalkan komputer dengan keadaan monitor menyala, padahal tidak beraktifitas padanya, aktifitas yang ada seperti bermain game, membuat dokumen, Photoshop dan berbagai aktifitas, maka meninggalkan komputer dalam keadaan menyala tersebut membuat daya listrik menjadi terbuang percuma.

Dan sekarang ini pihak Apalagi PLN di Indonesia mengembangkan sebuah teknologi yang cukup bagus, yaitu teknologi Listrik Pintar dimana penggunaan listrik sekarang seperti pembelian pulsa pada ponsel, dimana dengan memiliki pulsa, maka listrik baru dapat digunakan.

Tips Menghemat Listrik pada Monitor Komputer & Laptop

Untuk itu cukup penting tampaknya kita melakukan penghematan listrik. Dan yang menjadi pembahasan penting yaitu menghemat listrik monitor yang Kamu gunakan, sehingga nantinya kita dapat mengirit pengeluaran yang percuma, disamping juga dapat memaksimalkan umur monitor. Berikut pembahasannya di bawah ini.

1. Dengan mematikan monitor secara manual
Poin pertama yang dibahas cukup sederhana, dimana kita perlu untuk mematikan monitor komputer secara manual ketika memang sedang tidak digunakan, tentunya sebagai pengguna komputer desktop cukup mudah melakukan hal ini, yaitu hanya perlu memencet tombol power yang ada di monitor, maka dengan begitu monitor akan mati, dan tidak memakan banyak energi listrik, selain itu dapat membuat monitor untuk beristirahat.

Adapun pada laptop, maka caranya bervariasi, mungkin terdapat perintah shutdown layar monitor di salah satu function key. Nah, kita perlu memastikan function key untuk dapat berfungsi, atau terdapat fiturnya. Adapun jika fitur function key tidak ada, maka kita dapat menggunakan metode dengan pengaturan di laptop, yaitu pada power plan setting.

2. Mengatur Power Plan Settings
Untuk mematikan secara manual, maka perangkat laptop mungkin agak sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan pengguna desktop komputer. Untuk mematikan monitor di laptop ketika tidak digunakan, bisa dengan fitur Power Plan Settings, dengannya pengguna dapat setting pada penggunaan monitor, sleep dan juga kecerahan layar. Berikut di bawah  ini langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama buka Control Panel
  2. Pilih Hardware and Sound
  3. Pilih Power Options
  4. Pilih Change Plan Settings, yaitu pada opsi yang sedang digunakan.
  5. Disana terdapat dua opsi penting.
  6. Yang pertama Turn off the display, kegunaannya setting waktu Windows dalam mematikan layar saat komputer dalam keadaan hidup tetapi tidak dipakai. Yang kedua, yaitu Put the computer to sleep, berguna setting waktu untuk mematikan laptop dengan mode sleep ketika tidak digunakan.
  7. Nah, mematikan layar secara otomatis di Turn off the display
  8. Disana Kamu dapat mengatur waktunya berapa menit, yaitu lamanya saat waktu tidak ada aktifitas apapun di laptop, kemudian layar laptop mati secara otomatis.
  9. Selesai.

 3. Mematikan Screen saver
Sebenarnya, yang perlu diketahui bahwa screen saver tidaklah dapat membantu banyak dalam menghemat energi baterai atau listrik, apalagi jika memakai monitor yang berjenis LCD. Karena pada asalnya screen saver hanya dapat menghemat energi untuk monitor CRT yang berbentuk cembung, itupun tidak banyak menghemat.

Sehingga monitor LCD perlu setting pada Power Saving seperti yang dijelaskan diatas. Dan jika memakai monitor LCD, maka matikan saja screen saver, caranya klik kanan pada area kosong yang ada di desktop, lalu pilih Personalize. Lalu klik pada “Screen saver” (ada di kanan bawah), lalu ubah Screen saver menjadi “None”.

4. Buat Shortcut yang berfungsi untuk mematikan layar monitor

Jika ingin lebih mudah, maka Kamu dapat membuat sebuah shortcut yang memiliki fungsi untuk mematikan layar monitor, sehingga dengan begitu kita tidak perlu menggunakan tombol power dalam mematikan layar. Untuk melakukannya, bisa dengan menggunakan bantuan software NirCmd, fungsinya agar kamu dapat menjalankan sebuah task tertentu dengan perintah command line. Berikut di bawah ini penjelasannya.

  1. Untuk mendownload software NirCmd kunjungi disini
  2. Setelah Kamu download maka jalankan softwarenya
  3. Buatlah shortcut di desktop
  4. Lalu Kamu masukan perintah: masukan alamat path software nircmd yang ada di PC kamu, lalu dilanjut dengan kode: cmdwait 1000 monitor off. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini.
8 Tips Menghemat Listrik pada Monitor Komputer & Laptop

5. Sebagai info, kode cmdwait 1000 monitor off, maksudnya perintah akan dilakukan setelah 1000 milidetik.

6. Lalu berikan nama shortcut (dengan bebas kamu berikan nama)
7. Untuk mengganti icon, maka klik kiri pada shortcut.
8. Lalu pilih Properties, muncul jendela, disana dapat Kamu ganti.
9. Adapun untuk menghidupkan lagi layar monitor (setelah dimatikan dengan cara ini), maka dengan menekan tombol power pada monitor, lalu beberapa saat kemudian gerakan mouse.

    5. Ketika Kamu sedang download atau kegiatan semacamnya yang tidak memperbolehkan untuk mematikan komputer, maka Kamu hanya perlu Mematikan monitor ketika akan pergi, walaupun hanya sebentar seperti untuk makan siang dan semacamnya. Sehingga Monitor yang sedang tidak digunakan tersebut tidak mengambil banyak konsumsi listrik, dan Kamu tidak perlu khawatir tentang monitor yang sering dimatikan dan dinyalakan bakal cepat rusak, karena itu tidak berpengaruh dan tidak merusak komponen yang ada pada monitor.

    6. Setting tingkat cahaya terang-gelapnya pada monitor, pilih ke tingkat yang secukupnya saja, dimana tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap juga, karena kalau terlalu gelap juga membuat kita kesulitan dalam mengoperasikan komputer atau laptop. Adapun apabila monitor terlalu terang cahaya juga akan memboroskan penggunaan listrik, sehingga atur sesuai kebutuhan saja.

    7. Screensaver walaupun itu bentuknya hanya blank (tidak ada gambarnya) tidaklah mampu menghemat listrik, kecuali sedikit saja. Nah apabila Kamu ingin meninggalkan komputer sementara, atau sekitar 15 menit atau lebih, maka jagoan ragu untuk segera mematikan monitor saja, sehingga ini dapat lebih menghemat dibandingkan dengan metode screensaver yang blank.

    8. Pada banyak perusahaan dan rumah saya kira yang masih menggunakan layar komputer CRT (Cathode Ray Tube) yang bentuknya seperti TV biasa, adapun jika kamu ingin membeli komputer baru, maka lebih baik memilih yang LCD (Liquid Crystal Display) yang lebih hemat listrik, dimana sekarang ini harganya pun semakin terjangkau oleh kalangan menengah kebawah.

    Semoga bermanfaat.

    Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  8 Tips Menghemat Listrik pada Monitor Komputer & Laptop, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  8 Tips Menghemat Listrik pada Monitor Komputer & Laptop berguna untuk anda.

    Leave a reply "8 Tips Menghemat Listrik pada Monitor Komputer & Laptop"