8 Cara Mengatasi / Mengobati Sengatan Lebah

201 views

SteamLeaks.Net – 8 Cara Mengatasi / Mengobati Sengatan Lebah, 8 Cara Mengatasi / Mengobati Sengatan Lebah

8 Cara Mengatasi / Mengobati Sengatan Lebah

Serangan dari lebah yang berupa sengatan, terasa cukup menyakitkan yang membuat tubuh tidak nyaman., akan tetapi terdapat beberapa cara untuk mengurangi gejala sengatan lebah ini.

Beberapa cara mengatasi atau mengobati sengatan lebah

Dimana yang akan paling dibahas adalah tentang mengobati dengan pertolongan pertama dari orang yang terkena sengatan lebah. Langsung saja berikut di bawah ini.

1. Menghilangkan bekas sengatan
Hal pertama yang perlu dilakukan, yaitu menghilangkan bekas sengatan dengan sesegera mungkin, hal ini bertolak belakang dengan anggapan sebagian orang (yang salah) bahwa tidak masalah jika tidak dihilangkan sengatan lebah tersebut. Untuk melakukan cukup dengan tarik dengan jari-jari Kamu (goreskan dengan jari-jari), atau lainnya. Untuk penjelasan langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Carilah titik hitam di area yang tersengat
  2. Titik hitam tersebut adalah sengat lebah berada, cari hingga ketemu.
  3. Kamu cabut sengat lebah dengan kuku ataupun alat bantu lainnya, seperti pinset.
  4. Sangat perlu mencabut sengat lebah tersebut, karena apabila Kamu biarkan menempel di dalam tubuh dalam waktu yang lama, maka membuat tubuh, terutama bagian yang tersengat terkena infeksi serius.
  5. Setelah Kamu cabut, Kamu cek lagi, pastikan tidak ada sengat lainnya yang tertinggal.

2. Penting untuk mengetahui apakah ada gejala yang menandakan reaksi alergi
Seperti rasa sulit bernapas, rasa gatal yang warnanya merah, dan bisa menyebar ke daerah di luar bagian daerah yang disengat, sulit menelan, timbul rasa gelisah dan kecemasan, bunyi detak jantung yang terasa cepat, pusing, bahkan bisa membuat tekanan darah yang menurun. Jika terjadi hal-hal seperti itu maka segera cari bantuan medis darurat, atau bisa dengan segera meminum antihistamin, atau bisa segera pergi ke dokter untuk memeriksakan keadaan jika dirasa ada hal-hal yang tidak beres atau buruk. Atau Kamu juga bisa minum ibuprofen atau asetaminofen untuk meredakan rasa sakit.

3. Menggunakan es
Cuci tubuh yang tersengat dengan sabun dan air. Atau kamu juga bisa tekankan es (dengan sebelumnya dikompres) menggunakan kain, tekan pada bagian yang disengat selama 20 menit, harusnya setelah itu gejala buruk yang ada sebelumnya menghilang, dimana rasa dinginnya itu berguna untuk membatasi pembuluh darah, sehingga memperlambat aliran darah yang sebelumnya terkena racun dari sengatan tersebut, sehingga harusnya juga rasa gatal hilang.

4. Menggunakan Losion Calamine dengan bahan Analgesic

  1. Oleskan losion calamine yang memiliki kandungan bahan analgesic (contohnya seperti Caladine). 
  2. Setelah mengoleskannya Kami akan mulai merasakan sedikit gelitik, tetapi tetap nyaman jadinya.
  3. Lalu biarkan saja selama 45 menit, maka gejalanya akan berkurang.
  4. Setelah itu, Kamu oleskan lagi losion tersebut 4 jam kemudian, tetapi jika tidak muncul gejala yang terasa aneh ketika disengat lebah tersebut, yang artinya telah hilang, maka  tidak perlu oleskan losion lagi.

5. Menggunakan Krim Hydrocortisone

  1. Kamu oleskan krim hydrocortisone secara cukup pada bagian tubuh yang tersengat. 
  2. Kemudian, bekas sengatan mengering.
  3. Setelah itu akan tampak berwarna putih.
  4. Maka setelah itu gejala-gejalanya akan mulai hilang atau minimal berkurang.
  5. Jika gejala muncul lagi, biasanya dalam 4 jam, maka oleskan lagi krim Hydrocortisone tersebut.

6. Menggunakan Madu

  1. Kamu oles madu pada bagian tubuh yang tersengat lebah
  2. Lalu bagian tubuh yang diolesi akan terasa dingin, ini bermanfaat untuk sedikit meredakan gejala.
  3. Kamu bisa memberikan lagi jika rasa sakit kembali muncul, tetapi jangan berlebihan juga dalam mengoleskan.

7. Menggunakan kentang mentah

  1. Kamu kupas terlebih dahulu kentang mentah, bisa mengupaskan dengan memotong menjadi dua belah.
  2. Lalu kamu tempelkan kentang itu di bagian tubuh yang terkena sengatan lebah.
  3. Setelah menempelkan kentang mentah tersebut, pada beberapa saat kemudian, akan membuat Kamu untuk lebih lega, menurunkan rasa sakit, serta dapat membuat proses penyembuhan pada bekas sengatan dapat sembuh dengan lebih cepat.

Reaksi yang ditimbulkan dari sengatan lebah ini tergantung juga pada jenis lebah yang menyengat, pada sebagian orang tertentu alergi terhadap tawon, tetapi tidak terhadap lebah madu. Hal yang cukup penting, apabila sampai terjadi hal yang tidak beres, atau hal yang buruk maka segera konsultasikan masalah ini ke dokter, untuk penanganan yang lebih tepat.

Semoga bermanfaat.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  8 Cara Mengatasi / Mengobati Sengatan Lebah, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  8 Cara Mengatasi / Mengobati Sengatan Lebah berguna untuk anda.