7 Langkah Mengatasi Handphone Yang Terendam Air

110 views

SteamLeaks.Net – 7 Langkah Mengatasi Handphone Yang Terendam Air, 7 Langkah Mengatasi Handphone Yang Terendam Air

7 Langkah Mengatasi Handphone Yang Terendam Air

Mengatasi Handphone Yang Terendam Air — Jaman sekarang orang-orang memiliki Handphone yang keren-keren, yang biasanya disebut dengan smartphone atau ponsel cerdas, yang biasanya dibeli dengan harga yang tidak kurang dari 1 juta, bahkan ada yang beli Smartphone yang harganya 3 juta bahkan lebih dari itu.

7 Langkah Mengatasi Handphone Yang Terendam Air
7 Langkah Mengatasi Handphone Yang Terendam Air

Dengan harganya yang super mahal tersebut, yang tentu sebanding dengan kekerenan-nya serta fitur-fiturnya yang canggih, maka hl yang sangat disayangkan kalau Smartphone canggih tersebut sampai kenapa-kenapa.

7 Langkah Mengatasi Handphone Yang Terendam Air

Ya.. namanya dalam kehidupan ini, dimana namanya manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya kesalahan, maka bisa handphone yang dimiliki jatuh ke dalam air sehingga akhirnya terendam. Untuk mengatasi hal seperti ini, langsung saja berikut di bawah ini pembahasannya.

1. Perangkat Handphone segera angkat dari dalam air

Ketika handphone baru saja jatuh ke dalam air, maka segera Kamu ambil dan angkat, dan jangan sampai perangkat handphone terlalu lama berada di dalam air. Karena sangat kagetnya smartphone kesayangan jatuh ke air, jangan sampai malah hanya teriak-teriak saja, akan tetapi segera cepat sadar, lalu ambil dan selamatkan handphone milikmu tersebut.

Kecuali jika handphone jatuh ke dalam air dalam keadaan di charge, maka cabut dahulu stop kontak ke listrik, lalu baru diambil, karena sangat berbahaya.

2. Jangan menghidupkan handphone setelah mengambilnya dari dalam air

Ketika handphone baru saja Kamu selamatkan dari air, maka jangan dahulu menyalakannya, biasanya orang karena sift penasarannya, maka dengan tergesa-gesa ingin mengetahui apakah perangkat ponsel masih hidup atau tidak. Nah, tindakan tersebut justru malah dapat memicu konsleting listrik yang sangat berbahaya karena dapat membuat rusak komponen di dalam handphone.

3. Kamu lepaskan baterai dan juga casing
Dengan cepat, setelah kamu angkat dari dalam air, maka cabut baterai lalu juga buka casingnya, tujuannya agar arus listrik (arus pendek) yang mungkin terdapat di dalam ponsel tidak terkontaminasi oleh air, yang itu dapat menyebabkan terjadinya konsleting listrik.

4. Kamu keringkan HP
Setelah itu, Kamu cari tempat kering untuk meletakan handphone disana dengan tujuan agar dengan cepat kering, bisa juga Kamu mengeringkannya dengan menjemur perangkat smartphone tersebut sekitar 10 menit di bawah terik matahari, baru setelahnya pindahkan, lalu gunakan juga kipas angin untuk mengeringkannya.

5. Jangan lupa Kamu lepas juga kartu SIM dan memori card.
Air bisa menyebabkan terjadinya korosi pada bagian kontak yang umumnya terbuat dari metal, sehingga dapat merusaknya dengan cepat. Untuk itu jangan lupa, selain mengeluarkan Baterai, juga keluarkan SIM dan Memory card, lalu Kamu keringkan dan lap hingga kering. Hal itu, juga karena umumnya data-data yang sudah tersimpan di dalam memori dan kartu SIM lebih penting dari pada perangkat handphone itu sendiri.

6. Pasang kembali baterai, Kartu SIM, Memory card, dan juga casing
Sebelumnya pastikan bahwa semua komponen yang ada di perangkat handphone benar-benar sudah kering, dimana air sudah tidak ada, baru setelah semuanya kering, pasang kembali baterai, Kartu SIM, Memory card, casing, dan komponen lainnya jika Kamu lepas.

7. Hidupkan handphone, tetapi jangan langsung digunakan dahulu

Setelah semua komponen dipastikan kering, lalu kamu hidupkan kembali handphone tersebut, tetapi jangan langsung digunakan. Kamu biarkan dahulu sekitar 5-10 menit hingga mesin ponsel mulai panas, yang setidaknya itu untuk mengeringkan sisa air yang ada di sela-sela kecil yang ada di dalam komponen. Setelah itu baru gunakan

Perlu diingat!!
Ketika perangkat terendam air dan kondisi terhubung dengan arus listrik (dicharge), maka jangan langsung mengambilnya, tetapi lepaskan stop kontak dari listrik, karena alih-alih menyelamatkan perangkat handphone justru malah nyawa yang terancam.

Apabila ponsel tidak mau menyala kembali, maka terpaksa harus membawanya ke tempat service HP, lakukan dengan segera, karena ditakutkan jika dibiarkan terlalu lama, komponen di dalamnya dapat rusak

Semoga bermanfaat.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  7 Langkah Mengatasi Handphone Yang Terendam Air, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  7 Langkah Mengatasi Handphone Yang Terendam Air berguna untuk anda.

Leave a reply "7 Langkah Mengatasi Handphone Yang Terendam Air"

No related post!